Jumat, 06 Juli 2012

Magetan Coblosan


MAGETAN, Radar Madiun - Agenda demi agenda jelang pemilihan bupati (pilbup) 2013 mendatang, mulai dipetakan. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Magetan akhirnya menetapkan 24 April 2013 sebagai waktu pemungutan suara. Pertimbangannya, 23 Juli 2013 merupakan akhir masa jabatan bupati saat ini. Sehingga kami sebagai perencana harus memperhitungkan kemungkinan terjadinya gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) atau pun putaran kedua, terang Hendrad Subyakto, anggota KPUD Magetan, kemarin (5/7).

Artinya, lanjut Hendrad, antara 23 April hingga 23 Juli mendatang, selisih waktu hampir tiga bulan tersebut dapat dimanfaatkan KPUD untuk mengantisipasi terjadinya kemungkinan-kemungkinan pasca pilbup tersebut. Dari jeda waktu itu, kami perkirakan pengucapan sumpah pasangan terpilih, tepat pada 23 Juli 2013 mendatang, terangnya.

Di sisi lain, jadwal tahapan lain yang dikeluarkan KPUD kemarin antara lain proses pendaftaran pasangan calon bupati/wakil bupati. Proses ini terdiri atas dua gelombang. Yakni gelombang pertama mulai 3-7 Desember 2012 untuk penyerahan dokumen calon perseorangan atau independen. Sedangkan gelombang kedua untuk pasangan calon yang diusung partai, mulai tanggal 5 hingga 11 Januari 2013. Pengumuman pasangan calon yang memenuhi persyaratan tanggal 27 Februari 2013 mendatang, terang Hendrad saat ditemui usai Focus Group Discussion (FGD) di kantor KPUD Magetan, kemarin.

Ya, KPUD Magetan kemarin memang menggelar agenda pertama sebagai rangkaian tahapan pilbup 2013. Momen yang dihadiri sekitar 25 undangan dari berbagai perwakilan SKPD, parpol dan elemen masyarakat itu mengupas seputar tahapan awal pilbup. Kami sekaligus meminta masukan dan saran seputar program dan jadwal pilbup Magetan yang mulai kami rilis ini. Utamanya untuk meminimalisir kesalahan dan permasalahan yang dimungkinkan muncul, terang Ketua KPUD Magetan H Soerjadi.

Menurutnya, rancangan pentahapan program dan jadwal tersebut masih dapat berubah. Pasalnya, selain menunggu hasil koreksi dan evaluasi dari KPU Pusat, juga disesuaikan dengan perkembangan yang ada di Magetan. Ini baru langkah awal. Setelah ini, akan ada agenda sosialisasi terhadap pemilih pemula. Mungkin kami agendakan 10 Juli mendatang. Dan dilanjutkan workshop pemilu, terangnya.
(wka/eba)

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Archive

 

Jurnal Mageti. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com